Assalamu'aalikum
Salam Power
“Alam telah memberi kita satu lidah dan dua telinga,jadi kita bisa mendengar dua kali lebih banyak ketimbang berbicara.”
(Epictetus).
Sering terjadi kesala-pahaman dan kekacauan dalam sebuah komunikasi,baik berorganisasi antara atasan dengan bawahan atau sesama dan juga bermasyarakat,diakibatkan karena persepsi. Beberapa ahli menyatakan bahwa orang akan salah mengartikan 70 persen apa yang mereka dengar dalam sebuah percakapan.Ini karena manusia mendengarkan secara pasif.Sebenarnya untuk menjadi pendengar yang baik,smart dan aktif sangatlah mudah dan bisa dipelajari.
Pertama, Eye contact. Pandanglah lawan bicara anda dengan soft,seakan dia merasakan anda sedang berusaha masuk dan menyimak apa yang sedang dia bicarakan.Sesekali,bila lawan bicara anda mengatakan “coba perhatikan ini…” tataplah kearah yang dia tujukan.
Kedua, Physiology. Perlihatkanlah bahwa anda menaruh perhatian dengan menyamakan posisi dengan nya,sesekali menganggukakan kepala,arahkan diri anda maju dua 3 cm,menguman,atau melontarkan komentar-komentar pendek. Sebagai contoh ;”saya mengerti apa yang anda maksudkan”.”Saya mendengar anda”.”Anda serius…?”(buat wajah anda ekspresi tanda Tanya).”Keep going your story”.”Yang benar…?”.”Lanjutkan”.”Hmmm”.”Ooooo”.
Ketiga, Question / klarifikasi. Tanyakan kejelasannya kalau orang lain mengtakan sesuatu yagn tidak anda mengerti.Ini tidaklah sama dengan menantang atau mengintrogasinya.bahkan akan menunjukkan keseriusan anda.Sebagai contoh ;”Maaf pak,saya belum begitu faham apa yang anda katakan / jelaskan tadi”.”Sudikah anda mengulanginya kembali?saya belum yakin sudah menangkap maksdunya”.
Keempat, Repeat his word. Sesekali ulangi perkataan teman bicara anda.simpulkan apa yang anda dengar.Hal ini menunjukkan anda dari tadi menyimak dan mendengarkan apa yang dia bicarakan.Sebagai contoh:”Selamat pak ya..!”.”Oooo,jadi anda penulis buku Unleash ur potensial itu ya…!”.”Berarti seharusnya kita menjalan rencana A…?”.”Benar mbak,right man in the right place”.” Tepat sekali,gagal adalah sukses yagn tertunda.”
Kelima, Empathy. Sesekali,ungkapkan komentar pendek tentang perasaan orang lain.biasanya percakapan ini bila teman anda menyampaikan kebahagiannya,atau permasalahan yang sedang dia alami.Sebagai contoh:”anda pasti benar-benar terkejut”.”Saya rasa anda sedang kesal,ya?”.”saya bisa merasakan apa yang kamu alami”.
Perlu kita sadari,untuk menjadi pendengar yang baik,hal utama yang harus kita perhatikan,kita melakukannya dengan penuh keikhlasan dan tulus.So,becoming smart listener sangat mudah :keep your eye contact, Question, Repeat his word, physiology dan empathy. Selamat mencoba.
Teken from Pamela Espeland “Growing up”
Do it now or never forever
Rahmadsyah
(Personal Development Trainer)